Ompoer
Catatan Realita Kehidupan

TUJUH BELENGGU SUARA HATI (bagian I)


didalam kehidupan kita sebagai manusia sering tidak menyadari sebenarnya apa yang telah kita perbuat terhadap diri sendiri juga kepada orang lain.
pada dasarnya, setiap manusia mengalami apa yang dirasakan didalam hati yaitu sebuah proses pencarian jati diri dan sebuah keinginan
ada kalanya suara hati terbelenggu dan menjadi buta untuk melihat sebuah nilai yang universal, acap kali manusia mengabaikan pengakuan ini, yang pada akhirnya justru mengakibatkan dirinya terjerumus kedalam hal-hal yang negatif.
saya akan mencoba menulis tentang 7 belenggu suara hati manusia yang tanpa disadari membuat manusia menjadi buta.
belenggu-belenggu tersebut adalah :
1. PRASANGKA
lingkungan sangat berperan dalam mempengaruhi cara berfikir seseorang, apabila ligkungannya pahit maka kemungkinan seseorang itu akan menjadi pahit, selalu curiga, dan selalu berprasangka negatif kepada orang lain. prasangka negatif ini bisa bertambah ketika sistem informasi semakin maju, dan media seperti tv, majalah, dan koran-koran terus membombardir pikiran manusiadengan berita/informasi yang mempengaruhi pikiran manusia.
prasangka negatif ini mengalir dan mengubah seseorang menjadi sikap yang depensif dan tertutup karena selalu beranggapan bahwa orang lain itu musuh berbahaya dan tidak mau bekerjasama.
akibatnya diri sendiri mengalami kerugian seperti: turunnya kinerja, tidak mampu melakukan sinergi dengan orang lain, bahkan tersingkir dari pergaulan sosial.

2. PRINSIP HIDUP
beberapa dekade ini kita menyaksikan bagaimana prinsip hidup menghasilkan tindakan yang beragam. prinsip hdup yang dianut melahirkan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan masing-masing. setiap orang terbentuk dengan prinsip yang dianutnya, hasilnya bisa dianggap hebat, mengerikan, bahkan menyedihkan.
contoh dari prinsip yang mungkin selama ini masih digunakan antara lain:
a. harakiri di jepang dimana seseorang yang merasa bersalah dan putus asa akan menusukan pedang katana dan kemudian mati perlahan-lahan
b. uni soviet runtuh setelah sekian lama menganut paham komunisme
c. prinsip perintah adalah perintah yang dikumandangkan jenderal besar nazi adolf hitler
d. dibidang politik prinsip tidak ada persahabatan yang abadi yang ada kepentingan abadi
selain contoh diatas masih banyak lagi contoh prinsip hidup yang tidak sesuai dengan suara hati manusia yang sejatinya sangat memuliakan arti persahabatan, tolong menolong, dan kasih sayang sesama manusia.
bahwa hanya dengan berprinsip kuat pada sesuatu yang abadi, manusia akan mampu menuju kebahagiaan yang hakiki, namun apabila berpegang pada prinsip hidup yang labil akan menghasilkan sesuatu yang labil pula.
3. PENGALAMAN
pengalaman hidup dan kejadian kejadian hidup manusia berperan dalam menciptakan pemikiran /paradigma dalam diri seseorang.
sering paradigma dijadikan tolak ukur bagi dirinya, juga dalam menilai lingkungan disekitarnya.
hal ini membatasi cakrawala berpikir seseorang karena ia akan menilai segalanya berdasarkan frame berpikirnya sendiri atau melihat berdasarkan bayangan ciptaannya sendiri, bukan melihat sesuatu secara riil dan obyektif. sikap proaktif yang bayak diajarkan memang mampu mengajak seseorang untuk melihat sesuatu yang berbeda, namun sikap itu perlu dilandasi nilai yang benar dan bersumber pada suara hati.
4. KEPENTINGAN
sebuah prinsip akan melahirkan kepentingan, dan kepentingan akan menentukan prioritas tindakan. contohnya yaitu:
mereka yang berprinsip pada penghargaan pribadi, akan memprioritaskan keputusan untuk mengangkat diri pribadi. mereka yang berprinsip pada perkawanan, akan memprioritaskan sesuatu yang bisa melenggangkan persahabatan. intinya prinsip akan melahirkan prioritas, dan orang yang bijak akan mengambil keputusan dengan menimbang semua aspek sebagai satu kesatuan, dan berdasarkan prinsip keesaan.
5. SUDUT PANDANG
bersambung………kebagian ke2

Iklan

7 Tanggapan to “TUJUH BELENGGU SUARA HATI (bagian I)”

  1. hmmmm dari judulnya aja udh krent….
    aku sering bgt berprasangka sama org..
    biznya didpn kita baik, dibelakang nusuk..
    ada ya manusia kygt…

    salam blogger…
    mohon bimbingannya ya kaa…. šŸ™‚

  2. oke dech akan saya coba untuk tindak lanjuti.

  3. Kita sebagai manusia yang berpendidikan mmg hrus mempunyai prinsip kehidupan dan tujuan yg berbeda2. Itulah Kehidupan harus ada Prasangka, Prinsip, TUjuan, pengalaman yang baik untuk masa depan dan meraih cita2 yang kita impikan, dsb

  4. Terima kasih…mau baca lanjutannya dulu šŸ™‚

  5. keliatan nya boleh juga tuh,,,,,

  6. i like dgn 7 suara hati yg tlah sy simak,,,,, trerkdang hal yg dmikian timbul akibat kurangnya penjernihan jiwa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: